Rabu, 30 November 2011

wifi

wifi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda Wi-Fi Hot Spot. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.
VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan teknologi melewatkan suara (voice) ke dalam bentuk data packet melalui jaringan IP (Internet Protocol) yaitu di posisi layer 3, layer network menurut model OSI (Open Systems Interconnection). Sedangkan untuk jaringan IP sendiri dapat melalui banyak cara yaitu dapat melalui jaringan Wi-Fi hotspot, jaringan kabel broadband DSL (digital subscriber line), TV kabel, Satellite dan lain sebagainya.
mobile convergence appliance (MCA)atau perangkat konvergensi bergerak. Perangkat ini berbasis sistem operasi Linux yang dapat digunakan dengan ponsel yang bisa diprogram (disebut juga ponsel cerdas).
Ketika seorang pengguna berada di dalam kantor, MCA akan menyampaikan panggilan telepon masuk, baik ke ponsel maupun ke telepon meja. Karena selalu terhubung secara konstan dengan ponsel, MCA bisa menentukan apakah ponsel dapat dijangkau via jaringan Wi-Fi. Ini berarti tidak ada biaya tambahan yang dibebankan.
FMC (fixed mobile convergence) merupakan gabungan dua teknologi yang berbeda yaitu teknologi seluler dan Wi-Fi menjadi satu bentuk layanan yang terintegrasi dalam satu device' yaitu ponsel. Teknologi FMC menjanjikan sebuah layanan komunikasi yang always on bagi pelanggan yang melakukan aktivitas bergerak maupun tetap.


0 komentar:

Posting Komentar