Arsitektur
disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari
komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada
hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi
dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.
Central Processing Unit (CPU)
CPU atau satuan merupakan tempat
pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini
disebut microprocessor. CPU terdiri dari
dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control unit) dan unit Aritmatika dan
logika (arithmethic logic unit).
Control unit mengatur kapan alat
input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat
output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer,
membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory
untuk diolah
Arithmetic And Logic Unit (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah
melakukan semua perhitungan aritmatik
atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan
operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang
lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar
penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk
melaksanakan operasi aritmatik ini disebut adder.
Komunikasi dan Jaringan Komputer
Dunia komputer
kaya akan informasi. Setiap saat kita membutuhkan pemindahan informasi dari
satu tempat ke tempat lain. Karena itu pada dunia komputer dikenal system
komunikasi data. Data akan
ditransmisikan dari suatu tempat ke tempat lain yang membutuhkan.
Model
Arsitektur Jaringan OSI ( Open System Interconnection)
- Layer kontrol fisik, adalah tingkat koneksitas elektris, transmisi sinyal dan data dalam bentuk biner mentah
- Layer hubungan data adalah tingkat dimana data ditransmisi dalam unit-unit kecil dengan menggunakan protocol yang sesuai untuk mengontrol dan mengecek transmisi yang benar. Unit-unit data tersebut disebut frame yakni karakter yang ditransmisikan secara tak sinkron atau blok karakter yang ditransmisikan secara sinkron
- Layer jaringan adalah tingkat yang memberikan kontrol antara point pengirim dan penerimaan yang berebelahan dalam jaringan.
- Layer transport adalah tingkat yang memberikan layanan end-to end antara komputer host. Ia mengangani pengalamatan, kontrol kesalahan dan transfer data reguler.
- Layer session adalah tingkat yang menangani penetapan koneksi antara host dan menangani manajemen dialog
- Layer perentasi adalah tingkat yang mengangani bentuk standar untuk pemrosesan data misalnya layout yang digunakan untuk tampilan VDU
- Layer aplikasi adalah tingkat yang dikontrol pemakai dalam menentukan data apa yang akan ditransmisikan dan begaimana ia akan dikirimkan dan diterima.
sumber :
0 komentar:
Posting Komentar