Rabu, 30 November 2011

Arsitektur Komputer



Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.

 

Central Processing Unit (CPU)

CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut  microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit).
Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah
Arithmetic And Logic Unit (ALU)
                Tugas utama dari ALU adalah melakukan  semua perhitungan aritmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatik ini disebut adder.

Komunikasi dan Jaringan Komputer

Dunia komputer kaya akan informasi. Setiap saat kita membutuhkan pemindahan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu pada dunia komputer dikenal system komunikasi data.  Data akan ditransmisikan dari suatu tempat ke tempat lain yang membutuhkan.

Model Arsitektur Jaringan OSI ( Open System Interconnection)
  1. Layer kontrol fisik, adalah tingkat koneksitas elektris, transmisi sinyal dan data dalam bentuk biner mentah
  2. Layer hubungan data adalah tingkat dimana data ditransmisi dalam unit-unit kecil dengan menggunakan protocol yang sesuai untuk mengontrol dan mengecek transmisi yang benar. Unit-unit data tersebut disebut frame yakni karakter yang ditransmisikan secara tak sinkron atau blok karakter yang ditransmisikan secara sinkron
  3. Layer  jaringan adalah tingkat yang memberikan kontrol antara point pengirim dan penerimaan yang berebelahan dalam jaringan.
  4. Layer transport adalah tingkat yang memberikan layanan end-to end antara komputer host. Ia mengangani pengalamatan, kontrol kesalahan dan transfer data reguler.
  5. Layer session adalah tingkat yang menangani penetapan koneksi antara host dan menangani manajemen dialog
  6. Layer perentasi adalah tingkat yang mengangani bentuk standar untuk pemrosesan data misalnya layout yang digunakan untuk tampilan VDU
  7. Layer aplikasi adalah tingkat yang dikontrol pemakai dalam menentukan data apa yang akan ditransmisikan dan begaimana ia akan dikirimkan dan diterima.

sumber :
 

0 komentar:

Posting Komentar